Assalamu'alaikum Sahabat Dapur Ummah...                                                                                                                                                                                                    Selamat Datang Di Website Resmi Dapur Ummah                                                                                                                                                                                                    Selamat Membaca Dan Mengaplikasikan Resepnya                                                                                                                                                                                                    Semoga Bermanfaat...

Ayam Kecap Toping Mie Ayam



Bahan-Bahan :
250 gr ayam potong dadu kecil
200  ml air
4 sdm minyak goreng 

Bumbu halus :
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1/2 butir kemiri
1/2 sdt kunyit bubuk 
1/4 sdt ketumbar bubuk 
1 sdt garam halus
1/2 sdt kaldu bubuk (ayam) 

Bumbu pelengkap:
1 ruas jari jahe muda (geprek) 
2 ruas jari lengkuas (geprek)
2 lembar daun jeruk (hilangkan tulangnya)
1 lembar daun salam1 batang sereh muda (geprek) 
2 lembar daun bawang (iris) 
1 1/2 sachet kecap bangau (sesuai selera tingkat kemanisannya)
1 sdm gula pasir


Cara membuat :
1. Siapkan semua bahan 
2. Tumis bumbu halus dengan 4 sdm minyak goreng hingga harum. Tambahkan jahe, lengkuas, daun jeruk, daun salam, sereh, dan tumis kembali. 
3. Tambahkan 50 ml air, tunggu sampai mendidih lalu masukkan ayam yang sudah dipotong dadu. Masak sekitar 1 menit. 
4. Tambahkan 150 ml air, kecap dan gula pasir (bisa menggunakan gula jawa yang sudah disisir halus. Optional.) campur merata dan masak dengan api kecil agar bumbu meresap sempurna, tutup dan tunggu sekitar 8-10 menit atau sampai bumbu meresap dan ayam matang. 
5. Jangan lupa untuk selalu mengoreksi rasa masakan 
6. Matikan kompor, dan tambahkan irisan daun bawang. Campur merata. 
7. Ayam kecap siap dijadikan toping mie ayam buatan moms semua
8. Happy cooking moms, don't forget di recook yaa moms say ❤❤❤

Tidak ada komentar:

Posting Komentar